Tahapan Belajar SEO Cepat Secara Otodidak

Posted on

Sebelum memulai untuk mempelajari sesuatu tentunya ada tahapan-tahapan yang harus anda ketahui agar proses belajar menjadi lebih cepat, efektif, bermanfaat dan bisa menghasilkan apa yang sedang anda harapkan. Begitu juga dengan belajar SEO ada sejumlah tahapan yang harus anda ketahui dan pelajari juga. Apa saja? artikel ini akan menerangkannya untuk anda (secara singkat saja).

Belajar SEO Secara Otodidak

Ada dua cara untuk bisa menjadi ahli SEO yaitu belajar SEO secara otodidak atau mengikuti kursus SEO secara online dan offline yang banyak sekali dan mudah untuk anda dapatkan. Untuk belajar SEO secara otodidak dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan kegigihan dengan semangat yang tinggi pantang menyerah disamping harus rajin membaca panduan-panduan SEO, video-video SEO dan melakukan percobaan yang banyak.

Nah bagi ingin belajar SEO secara otodidak bisa mengikuti sejumlah tahapan dibawah ini:

1. Belajar HTML (Untuk Awal Cukup Basic Saja)

contoh html

 

HTML adalah bahasa pemrograman yang dipakai oleh seluruh aplikasi berbasis web saat ini. Sangat mudah sekali untuk mempelajari HTML ini karena ini adalah basic. Banyak tutorial tentang HTML yang bisa anda dapatkan secara gratis di internet atau di Youtube. Menurut saya untuk mempelajari HTML ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 1 minggu (sekedar mempelajari basic saja). Setelah itu boleh ditambahkan sedikit tentang CSS (hanya opsional saja sebab anda akan belajar SEO bukan belajar membuat website dan sejenisnya).

Dimana belajar HTML itu? ini dia tempat belajar HTML secara basic di https://www.w3schools.com/html/ ikuti kemudian praktekan disana karena sudah disiapkan halaman untuk praktek secara langsung.

2. Belajar Menggunakan CMS

CMS

CMS adalah content management system yakni sebuah aplikasi untuk mengelola konten. Setiap CMS pasti terhubung dengan database, web server dan domain. Belajar CMS tentu juga mempelajari ketiga hal yang bersangkutan dengannya.

CMS terbagi kedalam sejumlah kategor dan setiap kategori itu terbagi lagi kedalam sejumlah “engine”. Misalnya:

  1. CMS dengan kategori blog terdiri dari engine: WordPress, blogspot dst
  2. CMS dengan kategori eCommerce terdiri dari engine: Prestashop, Magento dst
  3. CMS dengan kategori Portal terdiri dari engine: Joomla!, Drupal dst

Dan masih banyak lagi CMS lainnya sesuai dengan kategorinya. Dari sekian banyak CMS tersebut anda bisa mempelajari CMS yang sesuai dengan keperluan anda misalnya, bila anda ingin membuat dan mengoptimasikan situs dengan konsep toko online maka CMS yang harus anda pelajari adalah: Prestashop, Magento (dua CMS ini khusus untuk situs toko online) atau bisa juga mempelajari CMS WordPress dan Joomla! (walau tidak khusus untuk situs toko online tapi kedua CMS tersebut bisa dijadikan sebagai toko online).

Saran dari saya sebaiknya anda gunakan CMS yang user friendly semacam WordPress karena beberapa alasan seperti:

  1. Mudah di gunakan
  2. Ringan
  3. Mudah di kelola (manage)
  4. SEO friendly
  5. Gratis

3. Belajar Mengoptimasikan Dari Dalam Situs

contoh on page seo optimization

Ini disebut dengan on page atau on site optimization yakni pengoptimasian situs dari dalam situs itu sendiri. Cari informasi yang real, update tentang algorithm Google yang sedang berjalan saat ini untuk kemudian anda terapkan kedalam on page optimization.

Ketika anda mendapatkan informasi tentang cara on page SEO pastikan bahwa cara tersebut masih relevant dan masih bisa mendongkrak posisi website sebab banyak sekali artikel atau panduan on page SEO yang sudah ketinggalan jaman yang belum tentu masih efektif untuk diterapkan saat ini. Apa saja yang harus anda kerjakan saat ingin mengoptimasikan situs secara on page? ikuti terus blog ini.

4. Belajar Mengoptimasikan Dari Luar Situs

contoh seo off page

Ini disebut juga dengan off page atau off site optimization yakni mengoptimasikan situs dari luar situs anda sendiri dengan cara membuat link/tautan di situs milik orang lain mengarah ke situs yang sedang anda optimasikan.

Sama pada tahap ini akan banyak sekali materi yang harus anda pelajari yang seluruh materi tersebut bisa membuat anda stress, lelah, frustasi dst. Ada banyak regulasi diterapkan oleh Google yang berhubungan dengan off site optimization ini.

Tapi alangkah lebih bagus jika anda juga mengikuti kursus SEO secara langsung, tapi jangan salah pilih tempat kursus SEO sebab akan banyak uang, waktu dan tenaga yang akan anda habiskan untuk mengikuti kursus SEO itu.

Kursus SEO sebaiknya bersama pakar SEO yang sudah terbukti dan berhasil di Indonesia. Atau bila anda tidak juga bisa untuk ikut kursus SEO maka mau tidak mau anda harus menggunaka jasa SEO seperti yang diberikan oleh www.seosearchengines.com ini.

Kredit image: www.seozooms.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *